SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : UPTD Pendidikan Kecamatan Anjatan
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : V
Semester : 2 (dua)
Standar
Kompetensi : 5. Memahami
hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Karakter
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat Belajar
|
||||||||
5.1
Mendeskripsikan
hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi,
gaya gesek, gaya magnet)
|
Energi dan Perubahannya
A. Gaya magnet
B. Gaya gravitasi
C. Gaya gesekan
|
o
Memahami
peta konsep tentang gaya magnet, gaya gravitasi dan gaya gesekan
o
Memahami
istilah magnet
o
Menyebutkan
beberapa kegunaan dari magnet
o
Memahami
cara pembutan magnet dengan cara :
-
Induksi
-
Gosokan
-
Aliran
listrik
o
Memahami
gerak jatuh berbagai benda akibat pegaruh gaya gravitasi
o
Memahami
apa yang terjadi jika tidak ada gaya gravitasi
-
Segala
benda di Bumi menjadi kacau
-
Setiap benda
tidak lagi memiliki berat
-
Benda
akan bertubrukan dan terlempar dari permukaan Bumi
o
Memahami
bahwa ada gaya lain selain gaya gravitasi yaitru gaya gesek yang mempengaruhi
gerak benda.
o
Memahami
definisi gaya gesek yaitu hambatan yang terjadi ketika dua permukan saling
bersentuhan,.
o
Menyebutkan
kegunaan dari gaya gesek
-
Membantu
benda bergerak tanpa tergelincir
-
Untuk
menghentikan benda yang sedang bergerak
-
Menahan
benda-benda agar tidak bergeser.
o
Menyebutkan
benda yang dapat memperbesar gaya gesekan :
-
Bahan
karet
-
Paku-paku
atau pul
o
Menyebutkan
kerugian yang ditimbulkan oleh gaya gesek
-
Menghambat
gesekan
-
Memboroskan
energi
-
Mengikis
permukaan yang bergesekan
o
Mampu
mengatasi kerugian akibat gaya gesekan
-
Memasang
roda
-
Memasang
bantalan peluru
-
Menghaluskan
permukaan benda
-
Menghambat
gerakan
-
Mengikis
permukaan yang bergesekan
-
Memboroskan
energi untuk mengatsi gaya gesekan
|
Karakter
siswa yang diharapkan :
Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan
perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) ,
Tanggung jawab
( responsibility )
Dan Ketelitian
( carefulness)
|
o Mengelompokkan benda-benda
yang bersifat magnetis dan yang tidak magnetis.
o Menunjukkan kekuatan gaya
magnet dalam menembus beberapa benda melalui percobaan.
o Memberi contoh penggunaan
gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari.
o Membuat magnet.
o Menyimpulkan bahwa gaya
gravitasi menyebabkan benda bergerak ke bawah.
o Memprediksi seandainya tidak
ada gaya gravitasi di bumi.
o Membandingkan gerak benda
pada permukaan yang berbeda-beda (kasar, halus).
o Menjelaskan berbagai cara
memperkecil atau memperbesar gaya gesekan.
o Menjelaskan manfaat dan
kerugian yang ditimbulkan oleh gaya gesekan dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tes Tertulis dan lisan
Unjuk kerja;
Melakukan diskusi
Uraian Objektif
|
22 jp x 35
Menit
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas V
Alat:
-
Magnet,
peniti, paku payung, klip kertas, kertas, karet saputangan, penghapus,
pensil, uang logam, batu kerikil, selembar karton, mika, kardus, pensil,
benang tipis, penggaris
-
Peniti,
paku payung, klip kertas, saputangan, kertas, karet penghapus, pensil, uang
logam, batu kerikil, kelereng.
|
||||||||
5.2
Menjelaskan
pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat
|
Energi dan
Perubahannya
A. Pesawat sederhana
B. Jenis-jenis pesawat sederhana
|
o
Memahami
peta konsep tentang pesawat sederhana
o
Memahami
tujuan penggunaan pesawat sederhana
-
melipatgandakan
gaya atau kemampuan kita
-
mengubah
arah gaya yang kita lakukan
-
menempujh
jarak yang lebih jauh atau memperbesar kecepatan
o
Menyebutkan
jenis pesawat sederhana
o
Memahami
pengertian
o
Memahami
tuas gologan pertama, kedua, ketiga dan memberikan contohnya
o
Menyebutkan
keuntungan menggunak pesawat sederhana
o
Menyebutkan
bidang miring
o
Menyebutkan
jenis katrol
o
Menyebutkan
penggunaan katrol dan roda
|
Karakter
siswa yang diharapkan :
Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan
perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) ,
Tanggung jawab
( responsibility )
Dan Ketelitian
( carefulness)
|
o Mengidentifikasi berbagai
jenis pesawat sederhana misal pengungkit, bidang miring, katrol dan roda.
o Menggolongkan berbagai alat
rumah tangga sebagai pengungkit, bidang miring, katrol, dan roda.
o Mengidentifikasi kegiatan
yang menggunakan pesawat sederhana.
o Mendemonstrasikan cara
menggunakan pesawat sederhana.
|
Tes Tertulis dan lisan
Unjuk kerja;
Melakukan diskusi
Uraian Objektif
|
10 jp x 35
Menit
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas V
Alat:
-
Kaleng
cat yang tertutup, obeng pipih, sendok.
-
Dua buah
sawo mentah, alat pemecah buah, sapu lidi dengan gagang kayu
-
Meja,
sebilah papan 1mx10cm, mobil mainan, karet gelang, 10 buah kelereng.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar