Sabtu, 31 Maret 2012

SILABUS IPA BERKARAKTER KELAS 5 SEMESTER GENAP CREATE BY MY SELF


SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                       : UPTD Pendidikan Kecamatan Anjatan

Mata Pelajaran                      : IPA

Kelas/Program                       : V

Semester                                 : 2 (dua)

Standar Kompetensi             : 5. Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya

Kompetensi Dasar
Materi Pokok / Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Karakter
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar

5.1 Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet)



Energi dan Perubahannya

A.   Gaya magnet

B.   Gaya gravitasi

C.   Gaya gesekan


o  Memahami peta konsep tentang gaya magnet, gaya gravitasi dan gaya gesekan
o  Memahami istilah magnet
o  Menyebutkan beberapa kegunaan dari magnet
-   Pengunci kotak pensil, Kompas
-   Dinamo
-   Alat pengangkut benda dari besi
o  Memahami cara pembutan magnet dengan cara :
-   Induksi
-   Gosokan
-   Aliran listrik
o  Memahami gerak jatuh berbagai benda akibat pegaruh gaya gravitasi
o  Memahami apa yang terjadi jika tidak ada gaya gravitasi
-   Segala benda di Bumi menjadi kacau
-   Setiap benda tidak lagi memiliki berat
-   Benda akan bertubrukan dan terlempar dari permukaan Bumi

o  Memahami bahwa ada gaya lain selain gaya gravitasi yaitru gaya gesek yang mempengaruhi gerak benda.
o  Memahami definisi gaya gesek yaitu hambatan yang terjadi ketika dua permukan saling bersentuhan,.
o  Menyebutkan kegunaan dari gaya gesek
-   Membantu benda bergerak tanpa tergelincir
-   Untuk menghentikan benda yang sedang bergerak
-   Menahan benda-benda agar tidak bergeser.
o  Menyebutkan benda yang dapat memperbesar gaya gesekan :
-   Bahan karet
-   Paku-paku atau pul
o  Menyebutkan kerugian yang ditimbulkan oleh gaya gesek
-   Menghambat gesekan
-   Memboroskan energi
-   Mengikis permukaan yang bergesekan

o  Mampu mengatasi kerugian akibat gaya gesekan
-   Memasang roda
-   Memasang bantalan peluru
-   Menghaluskan permukaan benda
-   Menghambat gerakan
-   Mengikis permukaan yang bergesekan
-   Memboroskan energi untuk mengatsi gaya gesekan


Karakter siswa yang diharapkan :
Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) ,
Tanggung jawab
( responsibility )
Dan Ketelitian
( carefulness)

o  Mengelompokkan benda-benda yang bersifat magnetis dan yang tidak magnetis.
o  Menunjukkan kekuatan gaya magnet dalam menembus beberapa benda melalui percobaan.
o  Memberi contoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari.
o  Membuat magnet.

o  Menyimpulkan bahwa gaya gravitasi menyebabkan benda bergerak ke bawah.
o  Memprediksi seandainya tidak ada gaya gravitasi di bumi.

o  Membandingkan gerak benda pada permukaan yang berbeda-beda (kasar, halus).


o  Menjelaskan berbagai cara memperkecil atau memperbesar gaya gesekan.

o  Menjelaskan manfaat dan kerugian yang ditimbulkan oleh gaya gesekan dalam kehidupan sehari-hari.



Tes Tertulis dan lisan

Unjuk kerja;
Melakukan diskusi

Uraian Objektif




22 jp x 35
Menit

Sumber:
Buku SAINS SD

Kelas V

Alat:
-  Magnet, peniti, paku payung, klip kertas, kertas, karet saputangan, penghapus, pensil, uang logam, batu kerikil, selembar karton, mika, kardus, pensil, benang tipis, penggaris

-  Peniti, paku payung, klip kertas, saputangan, kertas, karet penghapus, pensil, uang logam, batu kerikil, kelereng.


5.2 Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat



Energi dan Perubahannya

A.      Pesawat sederhana

B.      Jenis-jenis pesawat sederhana


o  Memahami peta konsep tentang pesawat sederhana
o  Memahami tujuan penggunaan pesawat sederhana
-   melipatgandakan gaya atau kemampuan kita
-   mengubah arah gaya yang kita lakukan
-   menempujh jarak yang lebih jauh atau memperbesar kecepatan
o  Menyebutkan jenis pesawat sederhana
-   Tuas (pengukit)
-   Bidang miring
-    Katrol
-    Roda


o  Memahami pengertian
-   Tuas (pengukit)
-   Bidang miring
-    Katrol
-    Roda

o  Memahami tuas gologan pertama, kedua, ketiga dan memberikan contohnya
o  Menyebutkan keuntungan menggunak pesawat sederhana
o  Menyebutkan bidang miring
-   Kapak
-   Pisau
-   Linggis
-   Obeng
-   Paku ulir
-   Sekrup
o  Menyebutkan jenis katrol
-   Katrol tetap
-   Katrol bebas
-   Katrol majemk
o  Menyebutkan penggunaan katrol dan roda


Karakter siswa yang diharapkan :
Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) ,
Tanggung jawab
( responsibility )
Dan Ketelitian
( carefulness)

o  Mengidentifikasi berbagai jenis pesawat sederhana misal pengungkit, bidang miring, katrol dan roda.

o  Menggolongkan berbagai alat rumah tangga sebagai pengungkit, bidang miring, katrol, dan roda.

o  Mengidentifikasi kegiatan yang menggunakan pesawat sederhana.

o  Mendemonstrasikan cara menggunakan pesawat sederhana.


Tes Tertulis dan lisan

Unjuk kerja;
Melakukan diskusi

Uraian Objektif
 




10 jp x 35
Menit

Sumber:
Buku SAINS SD

Kelas V

Alat:
-  Kaleng cat yang tertutup, obeng pipih, sendok.

-  Dua buah sawo mentah, alat pemecah buah, sapu lidi dengan gagang kayu

-  Meja, sebilah papan 1mx10cm, mobil mainan, karet gelang, 10 buah kelereng.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar